Kunjungi MAN 2 Bandarlampung, Ini Kata Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung

INFOSOSIAL.ID— Pastikan Ujian Madrasah (UM) berlangsung lancar dan tertib, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Karwito, M.M, didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Johan Yusuf, S.Ag., M.Pd.I, Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda, Rika Irasanti, S.E., M.M, dan Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa, H. Abdul Basid, S.Ag., M.M, menyambangi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandar Lampung, Senin, 18 April 2022.

Kehadiran Orang Nomor Satu di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung bersama rombongan disambut hangat oleh Kepala MAN 2 Bandar Lampung, Drs. Nauval, didampingi Kaur Kepegawaian, Agustaman Hamdan, SE, M. AB, dan Waka Humas, Evayani, S. Pd.

H. Karwito, sapaan akrabnya Plt. Kakanwil, menyampaikan bahwa kedatangan pihaknya ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandarlampung merupakan kunjungan kerja keempat yang dilakukan pada hari Senin tanggal 18 April 2022 dimana sebelumnya telah dilakukan kunjungan kerja ke MAN 1 Bandar Lampung, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs) Negeri 2 Bandarlampung, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6.

Aliansi Lampung Bersatu Berbagi Takjil Saling Bantu Sesama

Lebih lanjut Karwito menjelaskan bahwa rombongan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung memiliki dua maksud dan tujuan yaitu Pertama, ingin melihat secara langsung situasi dan kondisi pelaksanaan Ujian Madrasah (UM), kehadiran peserta, kendala dan halangan yang dihadapi dan solusinya, penerapan protokol kesehatan, kelengkapan dokumen, dan soal yang diujikan.

Kedua, Sehubungan dengan telah dikeluarkannya pengumuman Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2022 beberapa hari yang lalu maka Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung ingin mengetahui berapa jumlah dan daftar nama peserta didik diterima dalam kedua seleksi tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi kepada seluruh panitia dan dewan guru yang telah mensukseskan pelaksanaan UM MAN 2 Bandar Lampung Tahun 2022. Semoga pelaksanaan ujian selalu berjalan lancar sampai akhir pelaksanaan ujian, dan harapannya siswa-siswi MAN 2 Bandar Lampung memperoleh hasil yang terbaik sehingga bisa lulus dengan nilai yang memuaskan,” ucapnya.

GP Anshor dan KNPI Kota Bandarlampung Bagikan Ratusan Minyak Goreng ke Warga

“Saya juga berharap dengan banyaknya peserta didik yang diterima pada Perguruan Tinggi bisa menjadi pencetak generasi milineal dengan taat beragama, beraklakul karimah, berwawasan pengetahuan, dan lain sebagainya,” ujarnya.

“Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran madrasah, khususnya MAN 2 Bandar Lampung. Saya meminta kepada seluruh madrasah, khususnya di lingkungan MAN 2 Bandar Lampung untuk tetap menjaga trust yang telah diberikan oleh masyarakat. Jangan sampai trust itu menurun sedikitpun, karena madrasah saat ini sedang diminati dan diberikan kepercayaan orang tua dalam menitipkan dan mengemban pendidikan putra dan putrinya,” tandasnya

Selanjutnya Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung memberikan Instrumen monitoring ujian madarasah untuk diisi dan ditandatangani oleh Kepala Madrasah. Dan merekapun juga memberikan masukan- masukan untuk MAN 2 Bandar Lampung agar lebih meningkatkan mutu serta kualitas kedepannya agar lebih baik lagi. Selain itu, Bidang Penmad juga memberikan apresiasi kepada seluruh panitia pelaksana UM dan dewan guru di MAN 2 Bandar Lampung yang telah bersinergi dan bekerja sama, sehingga pelaksanaan UM terkoordinir dengan baik.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Bandar Lampung, Drs. Nauval, mengucapkan terima kasih kepada Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung beserta rombongan yang telah menyempatkan diri untuk mengunjungi madrasahnya disela-sela kepadatan aktivitas.

Menanggapi arahan Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Nauval menerangkan bahwa hari Senin, 18 April 2022 merupakan hari keenam dalam Pelaksanaan UM Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dilaksanakan MAN 2 Bandar Lampung. Hari pertama telah dilaksanakan pada hari Senin, 11 April 2022 dan akan berakhir pada hari Rabu, 20 April 2022.

Plt Kakanwil Kemenag Apresiasi Lokasabha PHDI Provinsi Lampung ke IX Tahun 2022

“Peserta yang mengikuti UM tahun ini merupakan peserta didik kelas XII yang mengemban pendidikan di MAN 2 Bandar Lampung. Adapun peserta didik tersebut meliputi dua jurusan, yaitu Pertama, jurusan MIPA sebanyak 142 orang yang terdiri dari 48 orang Putra, 94 orang Putri. Kedua, jurusan IPS sebanyak 102 orang yang terdiri dari 42 orang putra dan 59 orang Putri. Dengan kata lain, peserta didik yang mengikuti UM sebanyak 244 orang yang terdiri dari 91 orang laki-laki dan 153 orang putrid,” rincinya.

“Terkait dengan pengumuman Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2022, peserta didik MAN 2 Bandar Lampung yang diterima sebanyak 162 orang meliputi 48 SNMPTN, 3 Poltekes, 111 SPAN-PTKIN,” terangnya.

“Sebagaimana arahan bapak maupun Bidang Pendidikan Madrasah, Insha Allah MAN 2 Bandar Lampung siap menjaga trust yang telah dipercayakan masyarakat dan akan lebih meningkatkan mutu pendidikan yang ada,” pungkasnya. (Iwan)

 

Sumber